Bapenda Sumut Perkuat Strategi Penerimaan Pajak, Fokus pada Inovasi dan Kepatuhan

Medan – Truthpost.id

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumatera Utara, Ardan Noor, menegaskan bahwa pelayanan pajak di era sekarang harus mengedepankan inovasi berbasis teknologi dengan prinsip cepat, ramah, dan mudah diakses. Menurutnya, pelayanan yang baik akan mendorong masyarakat lebih bersemangat dalam menunaikan kewajiban pajaknya. Hal itu ia sampaikan saat meninjau langsung UPTD Samsat Kabanjahe, Senin (22/9/2025), yang disambut Kepala UPTD, Hamdan Rifai Ginting.

Kunjungan kerja tersebut bertujuan memastikan layanan di lapangan berjalan maksimal sekaligus menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Air Permukaan (PAP), hingga sumber baru seperti Pajak Alat Berat (PAB). Ardan menegaskan, target penerimaan pajak tidak hanya soal angka, tetapi juga bagaimana menghadirkan pengalaman pelayanan yang membuat wajib pajak merasa nyaman dan terlayani dengan baik.

Lebih lanjut, ia menilai kesiapan mental, etos kerja, serta rasa tanggung jawab para petugas menjadi faktor utama dalam mencapai sasaran penerimaan. Hasilnya diharapkan bisa menopang program pembangunan yang digagas Gubernur Sumut, Bobby Nasution, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai strategi, Bapenda Sumut terus mendorong beberapa langkah prioritas, antara lain melalui Program Mandiri Ketuk Pintu (PMKP) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, penerapan digitalisasi layanan agar lebih efisien, serta memperkuat koordinasi dengan berbagai instansi terkait. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top